Penyebab Bau Badan Berlebihan

Penyebab Bau Badan BerlebihanBau badan merupakan maslaah yang cukup mengganggu penampilan seseorang bahkan mengganggu lingkungan di sekitar. Meski demikian, tingkat bau pada setiap orang berbeda. Ada yang baunya tidak tercium meski berkeringat tetapi tidak berbau, tetapi ada juga yang baru keluar keringat sedikit baunya sudah mengganggu.

Pada dasarnya ada orang yang mengeluarkan banyak keringat dan ada juga yang sedikit. Keringat di tubuh kita dihasilkan oleh kelenjar keringat ekrin dan apokrin. Kelenjar ekrin terdapat hampir di seluruh permukaan kulit dan keringat yang dihasilkan berfungsi untuk mengeluarkan sisa metabolisme serta mengatur suhu tubuh.Kelenjar apokrin yang terletak di daerah ketiak (paling aktif), payudara, daerah anus dan kemaluan berfungsi aktif setelah remaja dan mengandung banyak lemak dan protein. Minyak tubuh, keringat dan campuran bakteri apabila diuraikan oleh bakteri menimbulkan bau tidak sedap yang dikenal sebagai bau badan.

 Penyebab Bau Badan Berlebihan

Penyebab Bau Badan Berlebihan

Penyebab Bau Badan Berlebihan

Penyebab bau badan berlebihan dapat dipengaruhi oleh banyak hal, seperti :

Asam Amino atau Asam Propanoat

Asam propionat atau asam propanoat yang mengandung bau asam seperti cuka. Asam ini merupakan hasil uraian keringat oleh propionibacteria yang merupakan salah satu jenis bakteri yang hidup di saluran kelenjar sebasea manusia ketika usia remaja dan dewasa.

Asam isovalerik merupakan asam yang dihasilkan bakteri staphylococcus epidermis yang menyebarkan bau badan seperti bau keju. Ketidak seimbangan asam di dalam tubuh yang menyebabkan bau badan disebabkan beberapa faktor penyebab, seperti :

  • Ketidakseimbangan diet. Kekurangan magnesium atau zinc dan terlalu banyak mengonsumsi daging, makanan yang mengandung kolin, bawang putih, kopi, alkohol dan makanan berlemak dapat menyebabkan bau badan.
  • Stress emosional. Kelenjar apokrin yang merupakan kelenjar penghasil keringat ini sering meningatkan produksi keringatnya ketika seseorang mengalami stres.
  • Perubahan hormon. Perubahan hormon ini bisa terjadi pada seseorang ketika memasuki masa usia remaja, ada beberapa perubahan pada gejolak hormon yakni hormon androgen.

Penyebab Bau Badan Berlebihan Lain

Selain akibat penyebab bau badan berlebihan diatas, penyebab bau badan atau bau ketiak muncul adalah karena :

  1. Mengonsumsi makanan dengan bau yang tajam, pedas dan juga mengonsumsi makanan daging merah.
    Makanan yang kita konsumsi dalam sehari-hari akan memberikan dampak juga pada bau badan apalagi makanan yang baunya tajam seperti bawang putih dan jenis makanan lainnya. Hal ini disebabkan karena selain urin dan juga feses, makanan bisa keluar juga lewat keringat. Oleh sebab itulah, tidak heran jika masyarakat yang senang mengonsumsi makanan seperti kari, mereka mempunyai bau badan yang khas.
  2. Tidak menjaga kesehatan dan kebersihan tubuh
    Penyebab bau badan berlebihan lainya adalah karena perilaku atau pola hidup yang kurang sehat dalam menjaga kebersihan tubuh misalnya adalah tidak mandi dan tidak mengganti pakaian jeans dalam waktu yang lama, menggunakan pakaian yang berbahan tebal saat cuaca panas dan penyebab lainnya. Semua kebiasaan ini akan memberikan suatu kesempatan untuk bakteri bisa memecah protein yang ada pada keringat sehingga pada akhirnya menimbulkan bau badan kurang sedap.
  3. Akibat penyakit
    Penyakit diabetes merupakan salah satu jenis penyakit yang bisa menimbulkan bau badan. Penyebabnya adalah karena gula darah yang tidak terkontrol dengan baik sehingga disaat ketoadosis terjadi, maka hal ini menimbulkan bau badan. Penyakit lever juga bisa menyebabkan penderitanya mengalami bau badan kurang sedap karena mengeluarkan aroma yang tidak enak disebabkan karena tubuh tidak bisa mengeluarkan racun dengan baik.

Jika Anda mempunyai masalah dengan bau badan atau bau ketiak seperti diatas, maka segera mengatasinya dengan mejnaga kebersihan tubuh Anda dan menjaga kesehatan tubuh Anda. Selain itu, cobalah untuk menerapkan pola hidup yang sehat dan baik untuk kesehatan karena pola hidup yang sehat akan membantu membuat seseorang menjadi lebih sehat dan bugar dan tidak mudah terserang penyakit.

Cara Mengatasi Bau Badan

Untuk mengurangi Penyebab Bau Badan Berlebihan  ada beberapa cara yang dapat dilakukan adalah :

  1. Jaga kebersihan tubuh tentunya merupakan hal yang paling penting. Mandi minimal dua kali sehari untuk menghilangkan keringat, kotoran dan campuran bakteri yang bisa menimbulkan bau badan. Pastikan seluruh tubuh terutama ketiak dan lipatan tubuh bersih dari kotoran.
  2. Kurangi kelembapan ketiak dengan menggunakan bedak badan yang dapat menyerap keringat atau bisa juga dengan menggunakan antiperspiran dan deodoran. Antiperspiran mencegah keluarnya keringat berlebih dengan menyumbat pori serta membantu melawan bakteri. Sedangkan deodoran memerangi bau dengan membunuh bakteri, meski tidak mencegah keluarnya keringat. Pilih produk yang aman bagi kulit serta sesuai kebutuhan.
  3. Bulu-bulu di ketiak menjadi tempat hidup bakteri. Hilangkan atau bersihkan bulu-bulu di ketiak dengan mencabut ataupun mencukur bulu ketiak

=====================================

>>> Obat Bau Badan, 100% Alami dan Efektif Menghilangkan Bau Badan, Bau Keringat, Bau Ketiak & Bau Kaki Pada Pria dan Wanita, klik Detail Disini!

=====================================


This entry was posted in Penyebab Bau Badan and tagged , , , . Bookmark the permalink.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *